Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Mau Ginjal Rusak? Hindari Kebiasaan ini

Tak Mau Ginjal Rusak? Hindari Kebiasaan ini

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi yang sangat vital, seperti menyaring racun yang masuk kedalam darah dan juga mengontrol metabolisme tubuh. 

Namun, ada banyak sekali kegiatan atau kebiasaan yang sering dilakukan setiap harinya yang dapat merusak organ ini, bahkan kebiasaan ini terus berulang tanpa disadari. Nah dilansir dari laman Pulse, Sebaiknya anda hindari kebiasaan buruk yang merusak ginjal anda saat ini juga.

1. Diet Protein

Kelebihan asupan protein memang dapat membuat ginjal aus dan mengeras yang berdampak penurunan fungsinya, namun kekurangan protein pula sama bahayanya ketika anda mengalami kelebihan asupan protein. Sebaiknya pastikan asupan protein anda dalam keadaan normal saja.

2. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok bukan hanya berakibat pada kerusakan paru-paru saja, ginjal pun bisa terkena dampak endapan bahan kimia dari rokok. Jika ini terus berlangsung ginjal anda bisa mengalami kerusakan kronik sehingga harus di ganti. Maka dari itu, berhentilah merokok dari sekarang.

3. Asupan garam yang amat tinggi

Kebiasaan memakan makanan asin yang berlebihan dapat memicu terjadinya pengkristalan garam di ginjal. Kristal ini akan membatu di ginjal, Tentu ini bisa menggangu fungsi ginjal dalam mengolah darah. Sebaiknya kurangi kadar garam dalam makanan anda ya.

4. Kelebihan Analgesik

Kebiasaan mengkonsumsi obat analgesik yang tidak terkontrol pun bisa memicu kerusakan pada ginjal anda loh, anda sebaiknya menggunakan obat analgesik sesuai rujukan dokter saja.