Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Kerusakan Organ liver yang Jarang Disadari

Gejala Kerusakan Organ liver yang Jarang Disadari

Liver atau organ hati merupakan organ yang cukup penting peranan dalam tubuh manusia. Fungsi utama yakni sebagai sebagai organ metabolisme tubuh, mensekresikan cairan empedu hingga tempat penyaringan berbagai racun.

Organ ini rentang sekali terkena masalah, dan terkadang masalah kesehatan pada organ ini diabaikan. Nah, dilansir dari laman 1mhealthtips.com, Berikut gejala kerusakan hati yang patut anda waspadai.

1. Nyeri Perut

Sakit perut yang sering dialami, terutama di bagian kanan atas perut merupakan tanda adanya kesalahan pada organ hati anda. Rasa nyeri ini biasanya diakibatkan oleh kebiasaan minum obat kimia yang sangat banyak.

2. Mudah Memar

Hati juga merupakan tempat memproses protein, jika terjadi masalah dengan proses ini biasanya ada dampaknya seperti mudah memar. 

3. Kulit yang Gatal-gatal

Kerusakan hati yang serius juga dapat dicirikan dengan kulit yang gatal-gatal, bahkan bisa diikuti dengan ruam-ruam yang muncul di sekitar kulit anda. Ini terjadi akibat adanya proses penyuplaian cairan Fluida yang terhalang.

4. Mual-mual

Hati merupakan tempat untuk menetralisir racun, saat fungsi ini berkurang dampaknya pencernaan anda anda akan terganggu lalu anda mungkin akan mudah mengalami mual hingga muntah-muntah efek dari racun yang tidak ternetralisir.

5. Kulit dan ptuih mata menguning

Kerusakan hati yang parah biasanya dicirikan dengan warna kulit dan putih mata yang menguning, ini dampak dari organ hati memproduksi bililubrin atau cairan kuning yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa gejalan jika anda memeiliki kerusakan pada hati anda Jika ada beberapa gejala terjadi sebaiknya segera periksakan diri.