Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Penyakit Mengerikan Ini bisa Menjauh Dengan Rutin Donor Darah

4 Penyakit Mengerikan Ini bisa Menjauh Hanya Dengan Rutin Donor Darah

Rutin melakukan donor darah tidak hanya membantu orang lain saja yang sedang membutuhkan suplai darah, donor darah juga ternyata memiliki dampak kesehatan yang sangat signifikan untuk sang pendonor. 

Beberapa studi telah membuktikan bahwa rutin mendonorkan darah ternyata dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit mengerikan ini.


1. Kanker

Jumlah zat besi yang berlebihan dalam tubuh ternyata sama bahaya nya seperti kekurangan zat besi, Menurut Jurnal Of National Cancer Institute, zat besi dalam tubuh yang tinggi dapat memicu kanker akibat dari kerusakan sel yang disebabkan oleh pengikatan dengan radikal bebas.

Nah, agar anda terhindar dari berbagai jenis penyakit kanker sebaiknya anda rutin mendonorkan darah anda agar jumlah zat besi dalam tubuh lebih mudah terkontrol.

2. Penyakit jantung

Jumlah zat besi yang banyak juga dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga bisa berdampak pada penyakit jantung. Nah untuk itu anda sebaiknya mengontrol kadar zat besi dalam darah dengan rutin melakukan donor darah setidaknya satu kali dalam setahun.

3. Obesitas

Studi yang dilakukan oleh peneliti di The University of California menyebut bawa setiap satu liter darah yang didonorkan maka tubuh akan membakar 650 kalori setiap prosesnya, dengan begitu ini dapat membantu anda mengontrol berat badan anda pula.

4. Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah kondisi dimana tubuh sangat cepat dan mudah sekali menyerap zat besi dari makanan yang anda makan. Namun, kondisi ini ternyata buruk sebab dapat menyebabkan tubuh mengalami penumpukan zat besi di organ tubuh tertentu. 

Jika kondisi ini terjadi maka bisa menyebabkan komplikasi penyakit seperti kerusakan pankreas hingga hati. Nah untuk terhindar dari kondisi ini sebaiknya anda rutin mendonorkan darah anda setidaknya 3 bulan sekali.