Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegiatan Sehari Hari Yang Dapat Merusak Tulang Belakang


Menjaga kesehatan tulang belakang atau tulang punggung sangatlah penting. Dan menjaga kesehatan tulang punggung sebaiknya dilakukan sejak masa kecil agar permasalahan yang berkaitan dengan tulang penyangga tubuh ini tidak menjadi masalah ketika masa tua nanti.

Nah, berikut ini ada beberapa kegiatan sehari-hari yang diam-diam bisa merusak kesehatan serta posisi tulang belakang anda. Sebaiknya perbaiki kegiatan ini agar kesehatan tulang belakang anda tetap terjadi, berikut ulasannya seperti dilansir dari Brighside.


1. Menyikat Gigi Dan Mencuci Piring

Ketika anda berdiri, tekanan pada tulang belakang jauh lebih tinggi daripada selama berjalan. Jika Anda harus berdiri cukup lama setiap hari, Anda harus menemukan cara untuk mengurangi pengaruh berbahaya pada tulang belakang Anda.
Salah satunya ialah saat anda menyikat gigi anda, sebaiknya anda tegak berdiri dengan satu kanan menumpu dinding untuk membantu anda tegak.
Jika anda berdiri dan kedua tangan anda digunakan seperti saat mencuci piring anda bisa menggunakan kursi untuk menopang salah satu lutut anda seperti digambar ini.


2. Mengganti Ban Mobil

Membungkukan badan saat mengganti roda pun adalah kegiatan yang membahayakan tulang punggung anda. Cara yang tepat adalah duduk seperti di gambar berikut.

3. Membawa tas disalah satu tangan saja

Jangan biarkan satu tangan yang membawa berat dari bawaan belanja anda. Lebih baik gunakan dua tangan dengan berat yang sama, mintalah pada pekerja supermarket untuk memisahkannya seperti gambar ini.

4. Membersihkan Lantai


Jangan membungkukan badan ketika membersihkan lantai. Jika bisa gunakanlah pelan yang menggunakan tongkat agar anda tetap berdiri tegak seperti gambar berikut.

5. Mengikat tali sepatu

Hal sepele seperti mengenakan sepatu juga bisa membahayakan tulang punggung. Pakailah sepatu dengan posisi seperti gambar berikut.

6. Memabawa ransel

Membawa ransel hanya dengan satu bagian punggung juga salah. sebaiaknya pakailah ransel yang menggunakan kedua punggung seperti ini.