Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Menstruasi Tertunda Cukup Lama

Wanita Wajib Tahu! Penyebab Menstruasi Tertunda Cukup Lama

Menstruasi merupakan siklus yang lazim terjadi pada wanita yang sudah masuk masa pubertas. Siklus ini kadang merepotkan banyak wanita.

Apalagi jika siklus menstruasi yang tiba-tiba tidak datang, namun saat anda tes kehamilan hasilnya pun negatif. Apa yang terjadi? Kemungkinan tertundanya mestruasi adalah tanda adanya masalah kesehatan.

Tertundanya siklus bulanan ini bisa saja terjadi pada wanita, penyebabnya pun beragam. Nah, Berikut ini ada beberapa penyebab menstruasi tertunda pada wanita yang harus diketahui seperti dilansir dari laman _tuasaude.com_.

1. Aktivitas fisik yang berlebihan seperti olahragwan atau wanita yang memiliki kegiatan fisik yang berlebih bisa menyebabkan siklus menstruasi kacau yang memungkinkan tertundanya masa kewanitan ini.
2. Diet yang sangat ketat, sehingga membuat asupan nutrisi ke tubuh terganggu
3. Masalah kesehatan seperti terjangkit masalah anoreksia atau bulimia.
4. Stres yang berlebihan
5. Perubahan hormon yang disebabkan oleh sindrom polikistik ovarium, endometriosis, miom atau masalah kanker yang sedang diderita.

Nah itulah beberapa penyebab yang kenapa menstruasi pada wanita tak kunjung datang, jika silkus ini tak kunjung datang dalam kurun waktu yang lama seperti berbulan bulan sebaiknya periksakan diri untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.