Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Makanan Yang Mampu Memperkuat Fungsi Usus Besar

Daftar Makanan Yang Mampu Memperkuat Fungsi Usus Besar

Usus besar merupakan salah satu tempat untuk pencernaan. Menjaga kesehatan usus besar sangatlah penting agar kamu terhindar dari masalah penyerapan nutrisi hingga masalah sembelit. 

Sebab kinerja dari usus besar juga bisa terganggu yang berakibat fatal bagi kesehatan jika anda tidak memperdulikannya. Nah, untuk itu anda harus rutin mengkonsumsi makanan berikut ini:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kol dan lainnya memiliki kandungan serat serta fitronutrein yang sangat tinggi. Keduanya ini sangat berfungsi dalam menjaga kinerja usus besar dalam proses pencernaan.

2. Alpukat

Buah yang rasanya lembut dan tawar ini memiliki kandungan magnesium yang cukup untuk memnjaga kualitas otot-otot di usus besar kamu. Rutin memakannya akan membuat kamu terhindar dari masalah susah BAB.

3. Lobak

Beberapa kandungan lobak bukan hanya mampu mengusir racun di hati saja, melainkan membantu usus besar dalam menjalankan kinerja Peristaltiknya atau tugas relaksasi dan kontrasi usus saat mencerna makanan. Dengan kata lain lobak ampuh untuk memperkuat oto di usus besar.

4. Biji rami

Biji rami memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, kandungan inilah yang baik untuk usus besar kamu. Rutinlah mengkonsumsinya untuk mencegah terjadinya semebelit.