Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sepuluh Makanan Terbaik untuk Jantung Anda

Sepuluh Makanan Terbaik untuk Jantung Anda
Makanan Terbaik untuk jantung
Sekitar 600.000 orang di Amerika Serikat meninggal karena penyakit jantung setiap tahun, penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian bagi pria dan wanita di negeri itu. trend terbaru serangan jantung bisa menyerang siapapun baik yang sudah di diagnosa maupun yang belum terdiagnosa.

Bahkan WHO atau badan kesehatan internasional mengemukakan orang yang dewasa atau muda yang masih berumur sekitar 18 hingga 24 tahun memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner, menurut WHO penyebabnya adalah tekanan darah tinggi, stres dan kebiasaan memelihara gaya hidup tidak dehat.

Perubahan gaya hidup perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan organ jantung, kebiasaan melewatkan kegiatan olahraga harus dihentikan menjaga asupan juga perlu di perketat  demi memiliki tubuh ideal yang ramah terhadap jantung.

Untuk mencegah penyakit jantung anda perlu merubah gaya hidup menuju lebih sehat, anda harus berolahraga secara teratur, menghentikan kebiasaan merokok dan memperhatikan asupan gizi untuk tubuh anda. asupan makanan sangatlah penting demi menjaga kesehatan jantung. berikut ini daftar makanan yang sangat baik untuk jantung anda:

  •  Alpukat

Buah alpukat sangat baik bagi mereka yang menginnginkan jantung sehat, dalam buah ini terdapat asam lemak tak jenuh yang sangat diperlukan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol pemicu serangan jantung. selain itu alpukat juga memiliki kandungan kalium yang sangat baik untul mengontrol tekanan darah anda.

Buah alpukat juga mampu membantu anda memiliki berat badan ideal, sebab buah ini mampu memberikan rasa kenyang yang lama sehingga anda bisa mengontrol asupan makanan.

  •  Asparagus

Asparagus kaya akan vitamin K yang berguna untuk memabntu proses pembekuan darah dan mengatur tekanan darah anda. selain itu asparagus juga memiliki nutrisi yang baik untuk menghapus kolesterol dalam darah anda secara signifikan.

  • Cokelat Hitam

Cokelat sangat kaya dengan kandungan FLAVONOID atau zat antioksidan, zat ini sangat bermanfaat untuk tubuh anda untuk membantu mencegah terjadinya Aterosklerosis atau pengerasan arteri yang dapat memicu serangan jantung mendadak dan serangan srtoke. para ahli merekomendaikan untuk memakan cokelat murni setidaknya 100 gram perhari.

  • Lemak Ikan

Jika Lemak dari daging merah mampu menimbulkan masalah jantung, sebaliknya dengan lemak ikan. menurut para penelitian lemak ikan sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah jantung. lemak ikan yang tak jenuh mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan mampu memperbaiki arteri yang tersumbat. sumber terbaik lemak tak jenuh biasanya terdapat pada ikan salmon, tuna dan ikan kembung.

  • Bawang putih

Mengkonsumsi rutin bawang putih dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dalam jantung, manfaat lainnya ialah mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh dan meperbaiki tekanan darah anda.

  • Kacang

Makan kacang setiap hari akan menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung hingga 30%. kenapa bisa begitu? alasannya adalah kacang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang hampir sama seperti lemak ikan. lemak tak jenuh membantu anda untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu kandungan asam amino pada kacang juga akan meringankan aliran darah anda.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah produk makanan pokok negara negara mediterania, mereka percaya  bahwa minyak zaitun mampu mengobati segala penyakit sama halnya madu. menurut para penelitian para ahli menyebutkan bahwa minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan terutama jantung dan kulit, sebab minyak zaitun ini memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak yang sangat baik untuk jantung.

  •  Jeruk

Buah jeruk juga sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung anda, dalam buah jeruk terdapat dua kandungan penting yakni pektim dan kalium yang berguna menyerap kolesterol jahat serta mampu mencegah serangan jantung dengan membantu mengontrol tekanan darah anda.

  • Anggur merah atau Wine

Wine murni tanpa alkohol juga sangat baik untuk kesehatan jantung anda, kandungan polifenolnya mampu menhancurkan HDL atau kollesterol jahat dalam tubuh.

  • Roti Gandum

Roti gandum sangat sehat untuk di konsumsi setiap hari untuk sarapan, roti gandum memiliki kndungan serat yang lebik baik ketimbang nasi. roti gandum juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler atau jantung.

Nah itulah kesepuluh makanan terbaik untuk menjaga kesehtan jantung anda. memiliki gaya hidup sehat sangat penting untuk anda agar terhindar dari serangan penyakit jantung. imbangi juga dengan olahraga ya.